Obesitas dan Upaya Pencegahan yang Sangat Direkomendasikan

Februari 21, 2019
Penyakit Obesitas Atau Kegemukan

Akhir-akhir ini marak terdengar kasus obesitas atau kegemukan. Yakni suatu kondisi penumpukan lemak tubuh yang cukup tinggi. Obesitas parah menyebabkan penderitanya tidak bisa beraktivitas bebas, bahkan untuk bangun dari tidur play on words rasanya mustahil. Hal ini seperti kasus obesitas yang santer diberitakan di televisi dan media massa lainnya beberapa waktu lalu.

Obesitas atau kegemukan dapat terjadi lantaran asupan kalori lebih besar dibanding expositions pembakaran kalori. Alhasil kalori yang masuk ke dalam tubuh menumpuk membentuk lemak. Bila hal ini berlangsung dalam waktu lama, maka berisiko pada kenaikan berat badan drastis yang berisiko pada obesitas. Obesitas bukan penyakit yang bisa dianggap remeh. Pasalnya obesitas juga memicu penyakit kronis lain seperti diabetes, hipertensi, hingga penyakit jantung mematikan.

Kegemukan bisa dialami siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Anda berisiko menderita obesitas bila tidak mampu menjaga pola makan dan enggan berolahraga. Penyakit obesitas play on words biasanya diderita oleh mereka yang malas bergerak sementara pola makan didominasi makanan berlemak dan berkolesterol. Beberapa kondisi juga diketahui menyebabkan obesitas seperti genetik, kebiasaan mengkonsumsi shoddy nourishment, tidak cukup tidur, stress, dan menggunakan obat jenis tertentu.

Pencegahan Obesitas yang Sangat Dianjurkan

Mengembangkan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga bisa dilakukan sebagai upaya awal mencegah obesitas. Bagi Anda yang sibuk bekerja mungkin merasa sulit meluangkan waktu untuk berolahraga. Sebenarnya Anda tidak butuh waktu lama. Di pagi hari selepas bangun tidur Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk running atau sekedar melakukan pemanasan ringan di sekitar rumah. Adapun di end of the week tidak ada salahnya pula menjadwalkan diri untuk berenang, wellness, atau olahraga yang lain.

Mengembangan Pola Makan Sehat

Gaya hidup sehat Anda juga perlu ditopang dengan mengonsumsi makanan sehat. Jauhi makanan dengan kadar gula tinggi, lemak, dan kolesterol. Beberapa makanan tersebut beresiko meningkatkan penyakit obesitas. Perbanyak asupan makanan tinggi serat, sayur, dan buah yang bagus untuk sistem pencernaan tubuh Anda.

Membiasakan Tubuh Bergerak Aktif

Sesekali bersikap malas ingin bersantai boleh. Namun, jangan menjadikan malas menjadi kebiasaan. Biasakan tubuh Anda untuk aktif bergerak. Hal ini bisa dilatih dengan giat membersihkan rumah seperti menyapu lantai, mengepel, atau lainnya. Kegiatan mencuci baju secara manual tanpa mesin juga akan membuat tubuh Anda aktif bergerak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »